Mau Dibawa Kemana Listrik Indonesia? (Episode : "Pengendali Udara")


Konnichiwa minnasan yang ngelak akan literasi, balik maning nang gaweanku (hehe....melting pot Javanese dan Japanese).
*Halo semua yang haus akan literasi, kembali lagi bersama kerjaanku (ceritaku...), akoooer !! hahaha.
Hari ini agak sedikit memaksakan diri untuk duduk khusyuk di depan laptop. Weekend yang harusnya jadi sarana untuk leyeh-leyeh, eh malah dari Sabtu malam kemarin ikutan ngejasa “Moderator” keliling hehe kidding sob ! Karena pijat keliling dah terlalu mainstream; kredit keliling dah menjamur; Yudha keliling itu orang tangguh yang awalnya hanya seorang penonton standup comedy kini menjadi salah satu komika (red: julukan untuk orang yang ber-Standup Comedy di Indonesia). Eladalah, ceritanya malah kemana-mana ya.
Bentar, ini harus ada benang merahnya. KELILING.....hmmmh apa coba yang bisa disangkut-sangkutin sama 1 kata itu.
Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), KELILING adalah garis atau ukuran yang membatasi suatu bidang. 
Sooo, kita flashback bentaran kejaman-jamannya saat masih lucu dan amit (red: wajib belajar 9 tahun). Di jam olahraga, Pak Guru yang kokoh, tangguh dan gagah (asyik diendorse sama Semen nih sob),  selalu menginstruksikan kepada kita untuk pemanasan dengan berlari.
Pak Guru Semen : Anak-anak, nanti yang sudah selesai mengganti pakaian, langsung ke lapangan dan pemanasan berlari KELILING (pingpong kata kunci kebuka) lapangan ya.
Anak-Anak : Baik pak, Kelilingnya berapa PUTARAN pak ?.

Nah-nah stop-stop... akhirnya dapat juga benang merah maksanya, KELILING erat kaitannya dengan PUTARAN (anggap aja kaya gitu ya, referensi shohihnya dari ilustrasi jam olahraga).
Berbicara mengenai Putaran dalam lingkup listrik dan sumber energinya, maka kita mengarah kepada??? (yang tau ngacung ya di komen)... yaps tul sekali, suatu sumber energi terbarukan yang dapat mengubah suatu putaran menjadi gelombang kumparan-kumparan listrik. Secara IPAnya mengkonversi energi kinetik menjadi listrik.
Kalau sudah berbicara kinetik, listrik dan energi serta sumbernya, Indonesia bisa menjadi salah satu rujukan karena julukan kemaritimannya. Kenapa eh kenapa?. Dengan limpahan lautan yang terbentang dan menyatukan Indonesia dari sabang sampai merauke, maka anugerah Air dan Angin tak bisa dipungkiri menjadi salah banyak potensi energi yang seharusnya dapat dioptimalkan dipelosok Indonesia.

Dengan mengucapkan Basmallah, pertama-tama mari kita berangkat ke Negeri Angin (baca: ngebahas tentang negeri kita dan angin ya....). 
Di medio 2016 aku sempat berbincang dengan salah seorang “pengendali angin” bernama Ricky Elson yang senang dijuluki “Sang Putra Petir”. Banyak cerita yang dipaparkankannya, mulai dari cita-citanya yang ingin menerangi pelosok negeri dengan teknologi monopoli pribadi serta kiat untuk merintis dan mendirikan sekumpulan peneliti atau orang yang ingin berkontribusi untuk negeri sesuai passionnya, contoh yang sudah “Sang Putra Petir” dirikan adalah Lentera Angin Nusantara. Dimana salah satu produknya adalah Penari Langit (Sky Dancer) yang mana kini nyata berhasil menerangi 3 desa di Sumba Timur NTT.

Saat belajar ke salah satu "Pengendali Angin" (Mas Ricky Elson)

Sedikit kilas balik kesuksessannya. Bermodalkan pengetahuan dan kemahirannya di sektor “motor”. Motor disini bukan sesuatu yang mengarah ke kopling, gigi dan matic (red: jenis sepeda motor) ya sob, tapi motor yang erat hubungannya ke penggerak dimana korelasinya ke turbin, dinamo, generator, kincir,dst. Sang putra petir ini mengulik dengan dalam untuk mengembangkan micro wind turbin atau pembangkit listrik tenaga angin skala mikro. Kenapa mikro? Karena beliau melihat keresahan ketidak cocokan kincir angin besar ala eropa yang beberapa sudah “ditanam” di daerah Indonesia kurang maksimal penggunaanya.Dikarenakan kecepatan angin di Indonesia yang bisa dibilang nanggung, kurang bisa mengerakkan secara optimal kincir yang sudah ditanam itu. Simsalabim, karena kegigihan sang putra petir dan rekan tangguhnya yang membangun “bisnis” sociopreneurship ini , boooooom “The Sky Dancer” atau TSD-500 lahir. 

The Sky Dancer di tanah SUMBA

Well, itulah salah satu contoh dari pemanfaatan energi angin untuk dijadikan sumber tenaga listrik. Apalagi kemudahaan yang diberikan Pemerintah melalui Kementerian ESDM bulan Mei lalu dengan memetakan dan meluncurkan potensi Energi angin di Indonesia yang bekerjasama dengan Denmark. (Peluncuran Peta Potensi Energi Angin Kerjasama Indonesia-Denmark

Peta Potensi Energi Angin di Indonesia

Peta Potensi Energi Angin ini diklaim dapat membantu pemerintah dan pelaku usaha dalam menentukan wilayah yang memiliki potensi untuk dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). Jadi ya....kalau kita oprek-oprek peta ini, dengan meninjau kecepatan anginnya, boom dapet deh tempat potensial yang mana yang bagus untuk dikembangkan PLTB. Ya karena dibutuhkan kecepatan angin tertentu untuk dapat membuat kincir berputar dan menghasilkan tenaga listrik.
Menteri ESDM Ignasius Jonan sendiri menyatakan Indonesia berencana membangun 60 GW termasuk dari pembangkit listrik swasta, dengan berbagai bauran energi, salah satunya energi angin. Tau nggak sih target Pemerintah itu luar biasa sekali, bauran energi pada 2025 nanti 23% nya dari energi baru terbarukan, dimana angin jadi salah satu yang diharapkan dapat mengisi porsi cukup besar di dalamnya.
Nggak cuma omdo, salutnya sama Pemerintah sekarang salah satunya karena terima kritikan dan masukan dari stakeholder. Buktinya nih, di saat investor mulai ragu mengembangkan EBT, Pemerintah kembali membuka keran investasi lewat berbagai kemudahan dan insentif yang diberikan dalam Peraturan Menteri ESDM yang barusan terbit, Permen 45, 49, dan 50 di tahun 2017, yang notabene dibuat dalam rangka memberikan investor jalan yang lebih mudah untuk membangun infrastruktur ketenagalistrikan utamanya di daerah-daerah yang susah dijangkau jaringan listrik.
Sebelumnya nih, di tahun 2016 udah dirintis PLTB kapasitas terbesar di Indonesia di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) di Sulawesi Selatan. Sidrap akan menjadi lokasi bagi wind farm dengan pembangkit listrik dengan kapasitas 70 megawatt (MW). PLTB ini dikembangkan oleh Independent Power Producer (IPP) Internasional UPC Renewables Indonesia bekerja sama dengan PT Binatek Energi Terbarukan. Ditargetkan operasinya pada 2017.
Kita doain aja sob, moga-moga terealisasi...tapi jangan cuma doa juga, kita dukung buah pikir #energiberkeadilan.
Ngantuk sob... udahan dulu ya ceritanya hari ini... see you when I see you.

Komentar

  1. Jadi arahannya pemerintah itu sudah mulai memetakkan daerah yang akan dibangun PLTB ya? Terus bagaimana dng daerah yang sudah ada kincir besarnya tapi tidak jalan?

    BalasHapus
  2. nah itu gimana broh?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sesederhana Kopi dan Roti

Harta Karun EBT Itu Ada Dalam Limbah Tanaman Tropis yang Menjamur di Indonesia

Mau Dibawa Kemana Listrik Indonesia? (Part 2)